Ini Pentingnya Pakai Masker Mulut Saat Bepergian

Written by Kim on January 29, 2021 in Varian Baru Virus Corona with no comments.

DEMAK, suaramerdeka.com – Tim gabungan Polres Demak, TNI, Satpol PP dan Satgas penanganan Covid-19 melaksanakan Operasi Yustisi dan pembagian masker free of charge di alun-alun Demak yang dipimpin Kabag Ops Kompol Sonhaji, Minggu 6 Juni 2021. Situs berita on-line Klikwarta.com aktif online sejak Januari 2017, media ini didirikan untuk menjawab kebutuhan informasi melalui dunia cyber. Melalui berbagai rubrik/konten yang ditampilkan, Klikwarta.com terus melakukan pembenahan untuk memenuhi kebutuhan pembaca sesuai kekiniannya.

Penting nya memakai masker

Masker bedah dan masker N95 saat ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan yang berjuang untuk menanggulangi Covid-19. Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki three KONG4D lapisan kain. Dari protokol kesehatan tersebut, Sultan menegaskan pentingnya memakai masker.

Namun, masker mencegah pemakainya menginfeksi orang lain saat tidak menunjukkan gejala. Hal ini yang menjadikan pakai masker sama pentingnya dengan menjaga jarak dan mencuci tangan. Masker kain memang tidak sepenuhnya efektif melindungi diri dari Virus Corona. Namun, mengenakan masker kain bila tidak tersedia masker sekali pakai setidaknya dapat menurunkan risiko tertular Virus Corona, dengan catatan masker kain dipakai dengan benar serta dibarengi upaya pencegahan lainnya. Untuk saat ini pemerintah sangat gencar untuk mengkampanyekan pemakaian masker, mulai dari sanksi sosial hingga materi. PEKANBARU – Kedisiplinan masyarakat Riau menerapkan protokol kesehatan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masih jauh dari yang diharapkan.

Semua orang pasti mengenal penyakit pilek atau flu biasa yang sering menjangkiti manusia di seluruh dunia. Pada saat kita bersin atau batuk pasti ada droplet yang keluar dari saluran pernapasan, dan dapat dipastikan bahwa droplet itu mengandung virus penyebab flu tersebut. Jika ada orang lain disekitarnya kemungkinan besar dapat terkena droplet tergantung dari besar kecilnya droplet yang dikeluarkan dan seberapa dekat jarak mereka.

Menjadi kekurangan, masker wajah tidak dapat mencegah berpindahnya kontaminan kecil yang berpindah melalui udara. Masker ini diyakini dapat mencegah berpindahnya partikel besar dari cairan tubuh yang mungkin mengandung virus dari bersin atau batuk pasien. Ia mencontohkan daerah Kudus dan Jawa Tengah dengan lonjakan kasus yang sangat drastis. Murid di SD Petri di Dortmund, negara bagian Nordrhein-Westfalen , jadi teladan yang patut ditiru.

Sedangkan masker N95 juga memiliki manfaat yang jauh lebih baik lagi dibandingkan dengan masker bedah dan juga masker kain, karena memiliki tingkat kerapatan yang lebih baik dalam menahan partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus berbahaya. Namun demikian, ia juga menekankan bahwa pencegahan risiko penularan COVID-19 tidak cukup hanya dengan menggunakan masker, tetapi pencegahan perlu juga dilengkapi dengan penerapan protokol kesehatan lainnya. Memakai masker menjadi kebiasaan baru dan menjadi sangat penting baginya karena dengan memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan lain yang diperlukan, ia bisa tetap menjaga diri dari penyebaran COVID-19 dan bisa terus berjualan untuk menghidupi keluarganya.

Mengenakan masker ternyata tidak hanya melindungi pemakainya dan orang di sekitarnya dari ancaman Covid-19, tetapi masyarakat secara luas. Artinya, penyebaran virus ini dapat dikendalikan ketika semua orang benar-benar konsisten untuk memakai masker saat sedang berpergian. Andika mengatakan penggunaan setiap jenis masker itu, yaitu antara lain masker kain, masker bedah dan masker N95, sebenarnya sangat terkait dengan risiko paparan yang dapat ditimbulkan saat seseorang berinteraksi dengan orang lain. “Tentunya sangat efektif. Apalagi banyak referensi menyatakan bahwa penularan virus SARS-CoV-2 ini melalui airbone atau small droplet. Sehingga tentu dengan penggunaan masker, risiko penularannya lebih kecil,” katanya. Oleh sebab itu Badan Kesehatan Dunia telah jauh-jauh hari mengumumkan pentingnya memakai masker baik bagi orang sakit maupun yang sehat untuk menghambat penyebaran virus Corona.

Comments are closed.