Peranan Audit Internal Dalam Deteksi Dan Mencegah Fraud Studi Kasus Pada Universitas Negeri Yogyakarta

Written by Kim on December 15, 2019 in Strategi Perngiklanan Bisnis with no comments.

Perusahaan harus benar – benar serius dalam menangani jika terjadinya fraud. Hambatan yang terjadi bisa bersifat finansial ataupun bersifat kultural, yang dapat menyerang moral karyawan dan dapat merusak sistem manajemen kerja. Untuk mencegah terjadinya fraud kita perlu mencari tahu terlebih dahulu, apa dan bagaimana bentuk dari fraudagar kita dapat mencegah terjadinya fraudtersebut. Dengan Finata, Anda bisa mencatat transaksi keluar masuk dengan mudah, menyusun dan menganalisis laporan keuangan, mengelola knowledge pelanggan maupun pemasok, hingga mendiagnosis kesehatan bisnis secara keseluruhan.

Dalam mengelola bisnis ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pebisnis. Salah satunya adalah fraud atau kecurangan, yang tentunya sangat tidak diinginkan namun masih bisa terjadi. Untuk itu, akan kami bahas secara tuntas segala sesuatu tentang fraud, mulai dari definisi, jenis, hingga cara mencegah fraud atau kecurangan agar tidak terjadi di dalam perusahaan.

Teknologi ini harus menggunakan model keputusan yang canggih untuk mengelola dengan lebih baik kesalahan positif dan mendeteksi hubungan jaringan untuk melihat pandangan holistik dari aktivitas penipu dan penjahat. Penipuan identitas merupakan masalah yang berkembang dan memengaruhi bisnis serta pelanggan. Para penipu kini memiliki kemudahan akses ke lebih banyak alat dan knowledge dibanding sebelumnya, yang menyebabkan pencurian identitas mencapai rekor yang tinggi. Bagan ini membandingkan pengambilalihan akun, kartu tidak absen, dan bentuk lain dari kerugian penipuan identitas serta pertumbuhannya yang terus meningkat. Seminar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menghindari perusahaan dari ancaman manipulasi, penipuan dan kecurangan yang bisa merugikan semua stakeholders perusahaan dan paling penting menghindari perusahaan Anda dari kebangkrutan di masa depan.

Meskipun tugas pengelolaan keuangan sudah dihandle dengan orang yang tepat, tetap saja fraud laporan keuangan masih sering terjadi. Hal ini lah yang patut diwaspadai, karena fraud sudah pasti dilakukan dengan unsur kesengajaan. Kita sudah sering mendengar berita tentang jenis fraud ini karena sering terjadi dimana saja. Tindakan kriminal ini bisa saja terjadi karena adanya kelemahan pada tindak penegakan hukum. Penggunaansoftware khusus dapat meningkatkan efisiensi kerja dan juga efisiensi pengawasan kerja. Penggunaan software ini juga harus memiliki 2 syarat yang harus dipenuhi yang pertama, terintegrasi satu sama lain pada inside perusahaan agar mempercepat transfer information dan pengawasan information.

Contohnya, pelanggan tidak seharusnya diwajibkan untuk melalui beberapa pemeriksaan hanya untuk memeriksa saldo rekening mereka. Namun, ekspektasi pelanggan yang terus berkembang serta kemajuan teknologi menyebabkan pendeteksian fraud menjadi sebuah usaha yang bersifat terus menerus atau konstan. Fraudulent financial reporting – sengaja mengabaikan jumlah dan pencatatan laporan keuangan untuk menipu para pengguna laporan, biasanya lebih sering dilakukan pihak manajemen, contohnya Main Slot Online seperti overstating asset. Kecurangan ini berbentuk suap, pemerasan, pemberian secara ilegal maupun konflik kepentingan yang merugikan perusahaan. Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah , pelaksanaan pengendalian intern tersebut dilaksanakan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah . Pegawai yang dipercaya memiliki masalah pribadi yang tidak dapat dipecahkan, biasanya masalah keuangan, kebutuhan kesehatan keluarga, gaya hidup yang berlebihan.

Hal yang bis dilakukan untuk mencegah fraud

Independensi berarti kewajaran suatu laporan keuangan seorang auditor tidak mudah dipengaruhi oleh pihak manapun . Selain itu independensi auditor membantu memelihara integritas dan efisiensi dalam laporan keuangan yang disajikan kepada lembaga keuangan untuk mendukung pemberi pinjaman dan kepada pemegang saham untuk memperoleh modal. Meski demikian untuk mencegah terjadinya fraud, Rita juga mengungkapkan agar nasabah juga dapat mengetahui hak dan kewajibannya. “Edukasi terhadap nasabah juga merupakan kunci, transaksi perbankan merupakan hubungan dengan institusi bukan antar individu pegawai financial institution dan nasabah,” jelas Rita. Sistem IT yang terpisah memang tidak akan memungkinkan jika perusahaan untuk melakukan konsolidasi data dari berbagai sumber yang ada. Tetapi, bisa menjadi salah satu penghalang untuk mencegah terjadi fraud secara efektif dan bisa membuat sebuah gesekan terhadap konsumen Anda.

Ada beberapa banyak ideas yang bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya fraud. Tetapi belum tentu perusahaan mampu menerapkan atau mempraktikkan semua ideas yang ada, karena diperlukannya efisiensi dalam menjalankan perusahaan. Ada beberapa langkah yang bisa menjadi pilihan para pelaku usaha untuk menghindari fraud tersebut. Dalam fraud ini dapat terjadi apabila ada aset perusahaan yang disalahgunakan. Bentuk penyalahgunaan ini bermacam – macam, dapat berupa penggelapan kas, pemakaian fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi, ataupun pengeluaran biaya tanpa prosedur dan kesepakatan dari perusahaan. Semakin besar kecurangan yang dilakukan ,maka semakin besar juga pengaruh buruk bagi cashflow perusahaan.

Comments are closed.