24 Kasus Dengan Varian Baru Covid

Written by Kim on January 17, 2021 in Varian Baru Virus Corona with no comments.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memerinci, 24 kasus tersebut terdiri atas 13 kasus varian B117 dari Inggris, 10 kasus varian B1617 dari India, dan 1 kasus varian B1351 dari Afrika Selatan. Wiku mengatakan, pemerintah terus mengoptimalkan peran satgas di daerah dan posko level desa untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Varian B.1.1.7 yang pertama kali terlihat di Inggris telah terbukti setidaknya 50% lebih mudah menular. Varian ini membawa 23 mutasi, termasuk yang disebut N501Y yang meningkatkan penyebaran. Selain varian yang menarik, ada juga varian yang disebut dengan varian yang mengkhawatirkan.

Pengawasan tetap dilakukan untuk melihat apakah ada perubahan struktur protein pada varian baru corona, termasuk cara perubahan, penyebaran dan infeksi. Mutasi pada virus, termasuk varian baru corona penyebab pandemi COVID-19, sesungguhnya bukanlah hal baru ataupun kejadian yang tidak terduga. Beberapa varian virus bisa muncul dan menghilang, ataupun bermutasi menjadi jenis baru dan terus eksis. Contoh lain dari virus RNA yang terus bermutasi adalah virus influenza, sehingga vaksin flu juga terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu sifat dasar dari virus sebagai makhluk hidup adalah mutasi alias perubahan secara genetika. Sebagai jenis virus RNA, para ahli berpendapat bahwa salah satu karakter alami virus corona adalah terus berevolusi dan berganti-ganti dari waktu ke waktu.

Monitoring secara berkelanjutan melalui kegiatan complete genome sequencing ini berguna untuk memantau perubahan penting seperti mutasi dan variasi genetik dari SARS-CoV-2 yang bersirkulasi di Indonesia. Mutasi yang terjadi pada spike protein ini akan berefek pada receptor binding yang bertanggung jawab terhadap kemudahan masuknya partikel virus ke dalam sel inang, sehingga lebih mudah menginfeksi. Varian SARS-CoV-2 yang berasal dari Inggris ini dinilai 70% lebih mudah menular dibandingkan varian yang pernah muncul sebelumnya. Saat ini, kata Pudji, kedu pasien masih diisolasi di ruang khusus RSUD Jombang. Keduanya sengaja dipisahkan dengan pasien covid-19 lain lantaram menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Jawa timur. Dalam visualisasi ini, terdapat 10 nama varian baru virus Corona yang ditemukan hingga awal Juni 2021.

Beberapa varian baru covid

CDC terus merekomendasikan penerapan kebersihan yang baik dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Selain itu, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol jika sabun dan air tidak tersedia. Bawalah satu botol kecil pembersih tangan sehingga dapat langsung digunakan setelah melakukan aktivitas.

Salah satu gejala umum ini juga dilaporkan bersifat demam yang berkepanjangan dan lebih berpotensi membutuhkan perawatan rumah sakit. Nadia menuturkan, setelah Indonesia mengumumkan adanya 7 kasus mutasi COVID-19 B117, tentu Indonesia harus memperketat pintu-pintu masuk dari berbagai negara, agar mutasi virus corona ini tidak menimbulkan permasalahan baru. Sementara varian baru virus corona N439K telah dilaporkan terdapat di 30 negara. Di Vietnam, varian baru yang ditemukan dilaporkan merupakan persilangan antara Alfa (B.1.1.7) dan Delta (B.1.617). Sejauh ini, sebanyak 1 juta dari ninety Slot Online Indonesia six juta populasi di Vietnam telah divaksinasi dengan AstraZeneca. Vaksin ini memberikan perlindungan yang baik terhadap varian Alfa, tetapi tidak seefektif untuk varian Delta.

Varian baru covid-19 tersebut muncul dari dua pasien positif covid-19 di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Namun temuan itu bukanlah hasil dari temuan penyekatan yang terjadi di Bangkalan Madura. Melainkan temuan dari hasil test Whole Genom Sequencing untuk Pekerja Migran Indonesia yang sebelumnya sudah dikarantina dan dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura . Kedua pasien itu pun telah sembuh dengan hasil PCR negatif dua kali berturut-turut sebelum dikembalikan ke masyarakat.

Comments are closed.