Tim Ahli Who Tiba Di Wuhan, Sementara Cina Kembali Laporkan Kematian Baru Covid

Written by Kim on January 22, 2021 in Varian Baru Virus Corona with no comments.

Penurunan tersebut bisa berarti setidaknya beberapa orang akan rentan terhadap infeksi baru dari P.1. Mungkin juga P.1 menjadi umum karena dapat menginfeksi ulang orang yang sebelumnya positif virus corona. Biasanya, infeksi ulang virus corona jarang terjadi, karena antibodi yang diproduksi oleh tubuh setelah infeksi bertahan selama berbulan-bulan. Tapi ada kemungkinan P.1 membawa mutasi yang mempersulit antibodi tersebut untuk menempel, memungkinkannya untuk menyelinap ke dalam sel dan menyebabkan infeksi baru.

Tetapi walaupun masih ada misteri seputar P.1 ini, para ahli mengatakan varian ini harus dianggap serius. “Temuan ini berlaku untuk Manaus, tapi saya tidak tahu apakah mereka juga berlaku di tempat lain,” jelas ahli virology di Imperial College London, Nuno Faria, yang memimpin sejumlah penelitian baru. China akhirnya mengikuti langkah negara-negara Eropa untuk membatalkan penerbangan dari dan ke Inggris yang mulai berlaku pada Kamis (24/12) waktu setempat. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan, varian baru itu “mungkin hingga 70% lebih mudah menular dibanding versi aslinya”. Pemerintah Hong Kong juga telah melarang semua penerbangan dari Inggris mulai Selasa (22/12) dan akan berlaku hingga 10 Januari 2021. Feng mengatakan urutan genetika virus yang menginfeksi pendatang asing atau kontaminasi barang impor belum terlihat jejaknya di China.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya langsung menelusuri kontak erat dari kasus positif mutasi baru Virus Corona B117 untuk mencegah penyebarannya. Dante menambahkan temuan virus baru B117-UK merupakan hasil pengecekan pihaknya terhadap 462 kasus COVID-19 di Nusantara dalam beberapa bulan terakhir. Facebook mengonfirmasi sudah menerima perintah dari pemerintah Singapura itu dan mengatakan pihaknya secara hukum harus mengeluarkan pemberitahuan koreksi. Para ahli dari China dan tim gabungan Organisasi Kesehatan Dunia , mengenakan masker saat mengunjungi Rumah Sakit Tongji Wuhan di Wuhan, di provinsi Hubei, China 23 Februari 2020. Sebelum pandemi, Lai Yun membeli kebanyakan produk untuk restoran Jepangnya di pasar basah yang kini tutup.

Wiku mengatakan pemerintah akan adaptif dengan situasi terbaru perkembangan virus Corona, termasuk perubahan kebijakan mengenai pelaku perjalanan internasional. Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia Zubairi Djoerban, dalam unggahan di akun twitter resminya pada 25 Desember, menyatakan tes PCR bisa mendeteksi varian baru virus corona. Para peneliti Afrika Selatan mengkaji dampak mutasi corona dalam berbagai varian, termasuk apakah imunitas natural bisa melawan virus corona dan reinfeksi varian baru . Tetapi varian ini juga mendapat keuntungan dari mutasi yang memungkinkannya lolos dari antibodi dari virus corona lain.

Varian baru virus corona ini juga mendorong lebih dari 50 negara menutup pintu kedatangan penumpang dari Inggris. “China telah mengonfirmasi kasus pertama dari varian virus korona baru yang baru-baru ini terdeteksi di Inggris,” demikian konfirmasi kata pejabat kesehatan setempat. Pemerintah juga memperingatkan wabah kali ini mungkin terkait dengan varian yang lebih menular. Negara, yang sebelumnya ragu-ragu untuk menerima penjatahan vaksin gratis melalui mekanisme COVAX yang didukung PBB atas masalah keamanan dan logistik, belum memberikan satu suntikan vaksin virus corona.

China kedatangan varian baru covid

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, menyayangkan datangnya WN China ke Indonesia dalam jumlah yang cukup banyak di saat kebijakan larangan mudik sedang dijalankan. Menurutnya, saat ini upaya pemerintah dalam pengendalian pandemi COVID-19 masih belum konsisten, tidak maksimal, dan cenderung kontradiktif. Benua Afrika mengukuhkan complete 3 juta kasus virus corona pada hari Minggu, sementara banyak negara mulai menghadapi gelombang kedua wabah virus corona dan memberlakukan berbagai restriksi. Meski begitu, virus yang juga dikenal dengan nama varian Inggris itu tidak lebih mematikan dibandingkan yang sebelumnya. Dr. Faria dan rekannya mulai menelusuri virus corona ketika muncul di Brasil musim semi lalu.

Sebagian besar kasus mutasi itu teridentifikasi berasal dari warga negara asing atau WNA yang melakukan perjalanan luar negeri. Jhoni mengatakan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan sesuai protokol kedatangan bagi pelaku perjalanan internasional. Salah satu varian baru virus corona yang dinilai menarik adalah varian B.1.6.17, atau dikenal sebagai strain Daftar Slot Terpercaya mutan rangkap tiga yang pertama kali terdeteksi di India. Semestinya, kata Bamsoet begitu biasa disapa, pemerintah memperketat prosedur kedatangan warga asing melalui imigrasi sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 serta varian mutasinya terkait perlintasan orang.

Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa sembilan kasus varian baru terdeteksi di Denmark. “Ditambah dengan kemampuannya untuk menyebar dengan cepat, ini membuat B.1.1.7 menjadi ancaman yang harus ditanggapi dengan serius,” kata Robert Challen, peneliti di Exeter University yang ikut memimpin penelitian. “Oleh karena itu sebabnya di tengah situasi ini harus berempati, jangan sampai masyarakat merasa saya mematuhi kebijakan kok tapi di atas longgar. Jadi tidak etis, kesan empati tidak ada. Ini suatu yang memprihatinkan dan berbahaya.” “Kami sampaikan bahwa seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata.”

Comments are closed.